Rabu, 14 Maret 2012

Manfaat Informasi Akuntansi Penuh (Pelaporan Keuangan)

Manfaat Informasi Akuntansi Penuh :
a.       Pelaporan keuangan dibagi menjadi dua golongan :
1.      Pelaporan Keuangan Kepada Pihak Luar
Pelaporan keuangan yang ditujukan kepada pihak luar perusahaan terikat kepada prinsip akuntansi yang lazim.
Dalam laporan laba-rugi, manajemen menyajikan informasi akuntansi penuh, yang berupa informasi masa lalu yang terdiri dari pendapatan penuh dan biaya penuh. Karena informasi akuntansi penuh ditujukan untuk pelaporan keuangan kepada pemakai luar, maka agar dapat diperbandingkan, informasi akuntansi penuh harus disusun dan disajikan sesuai dengan prinsip akuntansi yang lazim.
Pendapatan penuh yang disajikan berisi pendapatn yang diperoleh perusahaan dari penjualan produk atau jasa kepada pihak luar. Biaya produksi yang disajikan juga berupa biaya produksi yang harus ditentukan menurut metode full costing.
Contoh pendapatan penuh dan biaya penuh yang disajikan dalam Laporan Laba Rugi untuk pihak Luar Perusahaan :

2.      Pelaporan Keuangan Kepada Manajemen Puncak
Pelaporan keuangan kepada manajemen puncak perusahaan yang tidak selalu terikat pada prinsip akuntansi yang lajim.
Jika pelaporan keuangan ditujukan untuk pemakai intern, prinsip akuntansi yang lazim tidak selalu digunakan untuk penyusunan laporan keuangan. Dalam perusahaan yang memiliki beberapa divisi yang merupakan pusat investasi, laporan laba-rugi divisi yang disajikan kepada manajemen puncak akan berisi pendapatan penuh dan biaya penuh.
Pendapatan penuh tersebut terdiri dari pendapatan yang diperoleh dari transaksi penjualan produk dan jasa kepada pihak luar dan pendapatan yang diperoleh dari transaksi penjualan produk dan jasa antardivisi. Biaya penuh terdiri dari biaya langsung divisi ditambah dengan biaya kantor pusat yang dialokasikan kapada divisi. Biaya produksi yang merupakan unsur biaya penuh tidak harus dihitung berdasarkan metode full costing, namun dapat didasarkan pada metode variable costing.
Contoh pendapatan penuh dan biaya penuh divisi yang disajikan dalam Laporan Rugi-Laba untuk Manajemen Puncak (dengan pendekatan Full Costing):

Contoh pendapatan penuh dan biaya penuh yang disajikan dalam Laporan Laba-Rugi untuk Manajemen Puncak (dengan pendekatan Variable Costing) :
Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa unsur informasi akuntansi penuh untuk kepentingan pelaporan kepada pihak luar perusahaan adalah berbeda dengan unsur informasi akuntansi penuh untuk kepentingan pelaporan keuangan kepada pihak intern perusahaan. Pelaporan keuangan untuk pihak luar perusahaan memerukan informasi akuntansi penuh yang disusun berdasarkan prinsip akuntansi yang lazim, sedangkan pelaporan keuangan untuk pihak intern perusahaan memerlukan informasi akuntansi penuh yang penyusunannya tidak terikat pada prinsip akuntansi yang lazim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar